Pages

About my Blog

Welcome to blogger. This is your first content for welcome says for your blog. Edit or delete it, then start blogging! Go To Edit Html after that expand widget templates and find this content with search for easy find this content and if you done found content you can edit or deleted it as you want and thank's using our work / themes i very happy about this.

Rabu, 30 Oktober 2013

Kegiatan Bulan Bahasa di SMA Negeri 1 Belitang



Assalamualikum wr.wb,
                Hai, teman teman semua.. bagaiman kabarnya... mudah mudahan semua masih dalam keadaan sehat walafiat ya.... kali ini saya mencoba berbagi informasi tentang apa yang dimaksud dengan  bulan bahasa.
Bulan bahasa merupakan bulan yang berkaitan erat dengan sejarah bahasa bangsa Indonesia yaitu Sumpah Pemuda yang terjadi pada tanggal 28 Oktober 1928. Salah satu isinya yaitu menyatakan bahwa bahasa Indonesia merupakan bahasa nasional sekaligus bahasa pemersatu bangsa. Oleh sebab itu pada bulan Oktober biasa diperingati sebagai bulan bahasa.
Bangsa Indonesia merupakan bangsa yang kaya akan etnik dan budaya, salah satunya yaitu bahasa dan sastra. Bahasa yang kini tersebar di wilayah Indonesia kurang lebih sekitar 442 bahasa. Meskipun terdiri dari berbagai macam latar belakang bahasanya, namun bahasa Indonesia merupakan media penghubung bahasa satu dengan bahasa lain yang berarti sebagai bahasa pemersatu bangsa. Selain itu bahasa Indonesia juga masih memempunyai fungsi yaitu sebagai bahasa komunikasi pemersatu bangsa.
Berbicara mengenai bahasa Indonesia umumnya akan tertuju langsung pada sastra Indonesia. Karena sastra Indonesia juga sebagai pembentuk karakter dan jati diri bangsa Indonesia sehingga mempunyai nilai-nilai luhur budaya yang dapat meningkatkan keanekaragaman bahasa dan budaya.
Dalam kehidupan sehari-hari, bahasa Indonesia belum digunakan secara baik dan benar. Untuk itu dengan adanya kegiatan bulan bahasa diharapakan semua lapisan masyarakat khususnya pelajar dapat menggunakan bahasa Indonesia dengan sesuai. Selain itu bulan bahasa tidak hanya digunakan sebagai tameng bahasa pemersatu saja,namun juga digunakan sebagai wadah atau sarana penyaluran dan pembinaan serta pengembangan bahasa Indonesia sebagai bahasa yang aktif dalam keseharian.
 Nah.. berikut cuplikan tentang lomba bulan bahasa di SMA Negeri 1 Belitang yang diselenggarakan tanggal  25,26 dan 28 Oktober 2013 kemarin yang bertempat di  SMA  Negeri  1 Belitang. Lomba yang di adakan oleh pengurus OSIS adalah :
1.       MC RESMI
2.       PIDATO MENIRUKAN TOKOH
3.       TUTUR CERITA RAKYAT
4.       CIPTA BACA PUISI BERTEMA POLITIK
5.       LAWAK
6.       RANKING SATU
Persiapan persiapan yang dilakukan dari setiap masing masing kelas sangat banyak. Mulai dari jauh hari mereka telah menentukan siapa yang terpilih untuk mewakili kelas dalam setiap lombanya. Latihan rutin, bahkan jam kosong dijadikan ajang latihan dari salah satu lomba tersebut. Persaingan sehat pun trjadi dari satu kelas ke kelas lain. Berikut ini foto yang saya ambil saat latihan di kelas kami untuk  persiapan bulan bahasa kemarin...


Kegiatan demi kegiatan pun dilangsungkan pada sore hari setelah sistem KBM selesai untuk tanggal 25 dan 26 oktober 2013.  Dan final diadakan mulai pagi hari setelah selesai upacara pada tanggal 28 Oktober kemarin. Berikut foto yang saya ambil saat kegiatan tersebut berlangsung.

          








     Tujuan dari terselenggaranya bulan bahasa adalah agar kita sebagai bangsa indonesia yang tadi nya selalu memakai bahasa dari daerah masing masing sadar bahwa ada bahasa pemersatu, yaitu bahasa indonesia. Kebanyakan dari kita telah lalai, karena kita hanya mau berteman dengan orang dari daerah sendiri. Tapi, dengan adanya bahasa indonesia, maka kita bisa berkomunikasi dengan orang dari daerah lain tanpa kendala apa bahasa yang mereka  gunakan.
                Nah,, teman teman, itu sedikit info yang bisa saya sampaikan. Apabila ada kekurangan saya mohon maaf. Jangan lupa tinggalkan komentar anda. Karena 1 komentar anda sangat berarti buat saya.. terimakasih...
Wassalamualaikum wr.wb.








25 komentar:

Unknown mengatakan...

nice post..TQ
komen balik y di http://yudikurniawanxiiipa2.blogspot.com/

Unknown mengatakan...

good post.. comback yaa...

Unknown mengatakan...

postingan bagus..
komen balik y..
http://yuliharyanto.blogspot.com/

Unknown mengatakan...

postingan yang bagus
komen balik di www.liamarlenaxiipa2.blogspot.com
coment posingan 2 2 nya

Unknown mengatakan...

postingnya bagus..koment balik ya
http://oktaapregema.blogspot.com/2013/10/pelajaran.html...
http://oktaapregema.blogspot.com/...

Unknown mengatakan...

nice

Unknown mengatakan...

postingnya oke, comment balik...
nurulwasni.blogspot.com

Unknown mengatakan...

komen balik ya.. postingan mu good
http://dianpamungkas7.blogspot.com/

Unknown mengatakan...

sangat menarik..

Unknown mengatakan...

nice info,

Unknown mengatakan...

good post,komen balik ya
http://tutikfitni.blogspot.com

indah permata s mengatakan...

good..comback mbk bro..http://indahpermatasarixia.blogspot.com

Unknown mengatakan...

Baguss

Sang Pencari Ilmu Dunia Akhirat mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Sang Pencari Ilmu Dunia Akhirat mengatakan...

wah, event hadiahnya apa nih? siswa harus aktif pada kegiatan sekolah, apalagi kalo yang handle 90% OSIS.... berkunjung ya ke rendyalmaheri.blogspot.com

Unknown mengatakan...

good..

Unknown mengatakan...

ditunggu poting selanjut nya
comen balik di www.liamarlenaxiipa2.blogspot.com

Okti Agu Liu mengatakan...

lumayan ni postingannya..
komen balik oktiaguliuoktober.blogspot.com

Unknown mengatakan...

bagus

Unknown mengatakan...

bagus terimakasih :)

http://rimagontina.blogspot.com

Unknown mengatakan...

Bagus postingannya,, koment blog q yea d http://dwiwindaapriani.blogspot.com/

Unknown mengatakan...

mksih ats info'a..

Unknown mengatakan...

GOOD post
koment balik ya http://oktaapregema.blogspot.com/2013/10/pelajaran.html#comment-form
http://oktaapregema.blogspot.com/2013/10/asal-usul-terjadinya-manusia.html
http://oktaapregema.blogspot.com/2013/10/normal-0-false-false-false-in-x-none-x.html
http://oktaapregema.blogspot.com/2013/09/pendidikan-indonesia-sejarah-pendidikan.html
http://oktaapregema.blogspot.com/2013/09/v-behaviorurldefaultvmlo.html

Unknown mengatakan...

nice

Unknown mengatakan...

bagus infonya

Posting Komentar